perbedaan burung manyar jantan dan betina

Burung Manyar adalah burung yang masih dalam spesies dari keluarga Ploceidae. Terdapat 3 jenis burung manyar yang bisa kita jumpai di Indonesia manyar jambul (Ploceus manyar), manyar emas (Ploceus hypoxanthus), dan tempua (Ploceus philippinus).



A. Manyar jambul  / streaked weaver (Ploceus manyar)

Manyar jambul (Ploceus manyar) memiliki ukuran tubuh paling kecil (sekitar 14 cm) dibandingkan dengan dua spesies lainnya.

Burung jantan memiliki bulu hitam dan tanda kuning pada kepalanya. Pada musim kawin, burung jantan akan memiliki mahkota berwarna kuning emas.

Burung betina memiliki bulu kepala berwarna cokelat, dengan coretan hitam pada mahkota, dan bercak-bercak keputihan di bagian leher.

Suara kicauan manyar jambul [ DOWNLOAD ]

Manyar jambul memiliki kemampuan meniru suara burung dengan sangat baik, terutama jika dirawat sejak berusia masih trotolan atau dalam kondisi yang sangat muda.

Selain mudah dilatih, burung ini juga kerap menjadi masteran bagi jenis burung berkicau lainnya, terutama kenari dan burung finch lainnya. 

B. Manyar emas / asian golden weaver (Ploceus hypoxanthus)

 
Manyar emas (Ploceus hypoxanthus) memiliki panjang tubuh sekitar15 cm, atau sedikit lebih besar dari manyar jambul (14 cm). Bulu–bulu di tubuhnya berwarna kuning keemasan, bagian muka berwarna hitam.
Pada musim berkembang biak (breeding), burung jantan memiliki mahkota, tungging, dan bulu bagian bawah berwarna kuning. Sisi muka, dagu, dan tenggorokannya hitam.
Pada masa non-breeding, burung betina dan jantan memiliki alis berwarna kuning tua. Tubuh bagian bawah juga kekuningan.

Manyar emas termasuk burung yang sangat jarang dijumpai. Mereka hidup secara berkelompok / koloni di antara semak-semak dan gelagah, baik di kawasan rawa maupun  wilayah terbuka yang banyak rawanya

Suara kicauan manyar Emas [ DOWNLOAD ]

C.Manyar tempua / baya weaver (Ploceus philippinus) 

Manyar tempua (Ploceus philippinus) memiliki postur tubuh seukuran manyar emas (15 cm). 

Pada musim berkembang biak, burung jantan akan memiliki mahkota dan tengkuk berwarna kuning emas, wajah hitam, tubuh bagian bawah berwarna kuning tua, dan tubuh atas coklat abu-abu.
Burung betina umumnya tidak memiliki tanda hitam dan kuning di bagian kepala.

Burung manyar tempua sering terlihat mengumpulkan padi dan bijian lainnya di petak-petak sawah yang akan dipanen. Karena sering merusak, burung manyar ini dianggap sebagai hama bagi petani.

Suara kicauan manyar tempua [ DOWNLOAD ] 

Semoga Ciri Ciri Burung Manyar Jantan dan Betina diatas dapat jadi rujukan anda untuk bisa membedakan burung jantan dan betina pada manyar

~~~~~~~ SEMOGA BERMANFAAT ~~~~~~~~



jbbkicau

Jbbkicau adalah Sarana Media digital Website informasi seputar burung kicau wilayah Cirebon Brebes Tegal Pemalang dan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment