Cara membedakan burung prenjak lumut jantan dan betina



perenjak lumut atau sering juga disebut perenjak bawah / perenjak handap, memiliki nama resmi cinenen pisang / common tailorbird (Orthotomus sutorius).
Burung perenjak lumut mudah dibedakan dari prenjak kepalamerah. Sebab warna tubuh bagian atas, ekor, dan sayapnya hijau-zaitun, seperti lumut. Dari situlah muncul sebutan perenjak lumut. Berbeda dari prenjak kepalamerah, di mana tubuh bagian atas berwarna abu-abu.


HABITAT

Burung jenis ini banyak ditemukan disawah, perkebunan, hutan kecil, rawa-rawa, pinggiran sungai yang berpohon, tanah lapang, padang ilalang, dan juga semak-semak. Tidak heran jga jika burung ini ada di pekarangan rumah,karena sifatnya yang tidak terlalu liar dan mudah beradaptasi asal ada pepohonan kecil dan juga makanan cukup tersedia. Penyebarannya hampir ada di seluruh Indonesia terutama yang beriklim sedang.


MAKANAN

Serangga, itu adalah makanan utama burung ini, seperti: jangkrik, kroto, ulat hongkong, ulat kandang, telur rayap, lalat, belalang, capung, ulat daun dan serangga-serangga kecil lainnya. Meskipun jika dipelihara sejak kecil oleh manusia bukannya tidak mungkin burung ini bisa menyesuaikan diri dengan makanan lain, seperti voor(sentrat) maupun pisang.

Ciri prenjak lumut jantan :


1.    untuk burung jantan berbunyi “ciek-ciek-ciek” [ download dan dengarkan suaranya ]

2.  prenjak jantan terdapat 2 bulu ekor tengah yang lebih panjang dan Ekor lebih sering dimaninkan(dinaik-turunkan)

3.    bulu dadanya agak hitam atau gelap

4.    Pustur badan biasanya lebih panjang dan ramping.

5.    Paruh bagian bawah berwarna hitam total(pada burung dewasa), dan berwarna kuning atau putih dengan ujung bawah paruh berwarna hitam(pada burung anakan atau muda).



 

Ciri prenjak lumut betina :


1.    untuk burung betina berbunyi “ter-ter-ter” [ download dan dengarkan suaranya ]


2.    prenjak betina terdapat 2 bulu ekor tengah yang pendek dan Ekornya jarang dimainkan serta lebih pendek


3.    Bulunya sedikit lebih kusam atau kurang cerah.


4.    Pustur badan lebih pendek dan agak gemuk/melebar.


5.    Paruhnya berwarna kuning atau putih baik ketika dewasa maupun ketika masih anakan.

    
      
Dan untuk yang anakan dapat dibedakan dari warna kepalanya, untuk yang jantan warna kepala jauh lebih merah dari pada prenjak betina yang lebih pudar warna merahnya.  bentuk ekor untuk yang jantan ekornya lebih cenderung membulat atau mekar sedangkan yang betina lebih menguncup.

Semoga Ciri Ciri Burung perenjak lumut dan Betina diatas dapat jadi rujukan anda untuk bisa membedakan burung jantan dan betina pada perenjak lumut

jbbkicau

Jbbkicau adalah Sarana Media digital Website informasi seputar burung kicau wilayah Cirebon Brebes Tegal Pemalang dan sekitarnya.

Comments
2 Comments

2 comments: