Mengobati kaki kenari yang terkena gigitan nyamuk



Seringkali kita dapati burung kenari yang kakinya benjol akibat terkena nyamuk maka dari itu pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara mengobati kaki kenari yang terkena serangan gigitan nyamuk.
Nyamuk seringkali mudah masuk ke dalam sangkar menggigit bagian tubuh burung yang tidak terlindungi bulu, misalnya kaki.


Umumnya gigitan nyamuk tidak menimbulkan risiko berat terhadap burung. Tetapi dalam berbagai kasus, muncul bintik-bintik merah pada kaki kenari. Tidak lama kemudian, kaki akan membengkak sehingga sangat mengganggu aktivitas kesehariannya.
Pada musim kemarau yang berkepanjangan seperti saat ini, populasi nyamuk meningkat pesat. Hal ini dikarenakan banyaknya genangan air di sungai atau selokan yang tidak mengalir, sehingga nyamuk bertelur di tempat tersebut.

Selain menyerang manusia, nyamuk juga sering menyerang burung peliharaan. Mereka beraksi saat burung sedang beristirahat di malam hari. Saat istirahat, terutama tidur, burung akan menekukkan kepala ke belakang, kemudian mengembangkan bulu-bulunya untuk mengatur panas sekaligus melindunginya dari udara dingin. Hawa panas yang keluar dari tubuhnya itulah yang bisa mengundang kedatangan nyamuk ke dalam sangkar.

Cara mengobati kaki burung kenari akibat digigit nyamuk sangatlah sederhana Hanya perlu dengan obat-obat yang sederhana saja.

Beberapa obat untuk menangani penyakit pada kaki burung kenari akibat gigitan nyamuk adalah minyak kayu putih  dan minyak tawon saja.

Caranya adalah dengan mengoleskan kepada bagian yang terkena serangan gigitan,olesi secukupnya saja jangan berlebihan.


Untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam sangkar, maka tindakan pengerodongan wajib dilakukan, terutama kalau memang banyak nyamuk di lingkungan sekitarnya. Gunakan kain kerodong yang sesuai dengan ukuran sangkarnya, sehingga kain bisa sepenuhnya menutupi sangkar. Pastikan menutupi bagian atas sangkar agar tidak ada celah yang memungkinkan nyamuk masuk ke dalamnya.

- semoga bermanfaat -

jbbkicau

Jbbkicau adalah Sarana Media digital Website informasi seputar burung kicau wilayah Cirebon Brebes Tegal Pemalang dan sekitarnya.

Comments
1 Comments

1 comment: