Tips mengantisipasi membeli burung semiran

Banyak dari para kicaumania yang harus menerima kenyataan bahwa burung yang dibelinya ternyata burung semiran pasti sakit hantinya

Ini adalah teknik curang pedagang burung untuk mengelabuhi pembeli, terutama pembeli yang masih awam/pemula di dunia kicau mania. Tidak hanya pemula saja, bahkan yang sudah paham tentang dunia burung juga pernah tertipu dengan tampilan warna burung.



Ada beberapa jenis burung yang sering digunakan untuk tipu menipu dengan cara pewarnaan bulu.Contohnya saja antara jalak suren ( sumatra) dengan jalak suren (jawa) cucak ijo betina disemir menjadi jantan kacer betina disemir menjadi jantan tledekan bakau betina disemir jadi tledekan gunung jantan lovebird yang beda jenis disemir warnanya

Banyak orang yang mencari harga yang murah,namun jika hasil yang didapatkan-nya tidak sesuai dengan apa yang dikatakan oleh pedagang,apa yang Anda pikirkan?,mau protes?. Mungkin Anda akan seperti itu, tapi setelah difikir-fikir tentu harga menjadi nomor yang kesekian kalinya terutama buat para penghoby,yang mereka inginkan hanyalah kwalitas dan kejujuran dari penjual.

Maka kali ini kami akan memberikan cara agar mengantisipasi pembelian burung semiran..
Tips pertama: kenali warnya dulu , apabila warnanya mencolok dan agak aneh seperti dipolesi dengan pewarna jangan dipilih.
Tips kedua : tidak ada salahnya untuk mencium bulu burung yang dominan menjadi pembeda jantan/betina atau warna jenis pembeda burung tersebut apabila bau seperti pewarna pakaian atau bau seperti tinta spidol jangan dibeli.

Tips ketiga : cara ini adalah cara paling ampuh untuk mengantasipasinya yaitu dengan meneteskan kayu putih ,minyak zaitun atau minyak tinner kedalam tangan lalu pegang burung tersebut usapkan ke bagian yang dominan yang menjadi pembeda misalkan di usapkan pada cucak ijo semiran di bagian lehernya maka warna tersebut akan mengalami pudar/luntur.

Sekian semoga bermanfaaat.

jbbkicau

Jbbkicau adalah Sarana Media digital Website informasi seputar burung kicau wilayah Cirebon Brebes Tegal Pemalang dan sekitarnya.

Comments
1 Comments

1 comment: