Awas berbahaya jangan memberikan ulat hongkong secara berlebihan



Perlu kita ketahui bahwa Ulat Hongkong adalah jenis EF yang juga banyak digunakan oleh kicau mania untuk diberikan pada burung-burunnya. Tidak hanya untuk burung-burung yang disiapkan untuk lomba, burung-burung yang sedang mabung pun dirasa perlu untuk diberikan Ulat Hongkong ini. Namun demikian, tidak banyak orang yang menggunakan Ulat Hongkong untuk burung-burungnya. 

Hal ini dikarenakan Ulat Hongkong yang diberikan terlalu sering dan dalam jumlah yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan burung.

Apakah efek samping ulat hongkong kepada burung jika diberikan secara berlebihan?


Ulat hongkong memang bagus untuk burung yaitu untuk mendongkrak stamina selain itu jika burung diberikan pakan sampingan ulat hongkong dapat mengeluarkan bunyi atau kicau yang bagus.

Akan tetapi pemberian pakan ulat hongkong yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik terhadap perkembangan burung.Kalau anda membudidayakan ulat hongkong,harus mengenali
karakter ulat itu sendiri dan jenis-jenis pakan yang harus diberikan supaya dalam membudidayakan ulat ini bisa maksimal.

Mengapa bisa demikian?Kalau dikonsumsi dalam keadaan hidup kandungan lemak dari ulat hongkong memang cukup tinggi,kalau diberikan dalam keadaan mati bisa mengurangi kadar lemak,selain itu kandungan zat kitinnya juga sangat tinggi kemungkinan besar akan mengganggu pencernaan burung kalau diberikan secara berlebihan bisa membahayakan.Dengan mencelupkan ke air hangat dulu setelah mati baru diberikan kepada burung kicau.Pemberian ulat hongkong sebaiknya anda memilih yang berwarna putih atau ulat yang baru berganti warna,kemudian anda bisa menghilangkan bagian kepalanya.

EFEK SAMPING ULAT HONGKONG TERHADAP BURUNG

Ulat hongkong memang bagus untuk perkembangan akan tetapi kalau diberikan berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak bagus.Dibawah ini efek yang ditimbulkan dari ulat hongkong jika diberikan secara berlebihan :

1.Dapat menyebabkan tubuh burung menjadi panas dan over birahi lama-kelamaan akan terjadi rontok bulu secara cepat kalau diberikan secara over.

2.Dapat menyebabkan gangguan pencernaan

3.Dapat menyebabkan cacat fisik pada burung yaitu kebutaan permanen ( katarak )

4.Menambah biaya pakan

KANDUNGAN ZAT DAN NUTRISI ULAT HONGKONG

1.Ingat kandungan zat kitin didalam tubuh ulat hongkong sangat tinggi,usahakan jangan diberikan pakan ini secara berlebihan

2.Kandungan lemak ersentasinya juga sangat tinggi

3.Kandungan nutrisi ulat hongkong 42% lemak kasar,46% protein kasar,7 % kadar abu,kandungan non nitrogen 10 %





>> Teknik menyajikan ulat hongkong kepada burung kicauan dengan benar

Untuk menyajikan ulat hongkong untuk burung gacoan sebaiknya tidak dalam keadaan hidup. Caranya, Ulat hongkong harus dicelupkan ke dalam air Hangat agar mati. Kemudian baru diberikan kepada burung berkicau. 

Mematikan ulat hongkong dengan cara tersebut bertujuan agar zat kitinnya berkurang, zat kitin pada ulat hongkong bisa menyebabkan gangguan pencernaan, hal ini juga bisa mengakibatkan gangguan pencernaan apabila burung ocehan diberi ulat hongkong secara berlebihan.

sekian semoga bermanfaat 

jbbkicau

Jbbkicau adalah Sarana Media digital Website informasi seputar burung kicau wilayah Cirebon Brebes Tegal Pemalang dan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment