perawatan burung siri-siri



Siri-siri merupakan salah satu burung master yang sering digunakan untuk isian murai batu, kacer, cucak hijau, pentet, lovebird, dan aneka burung kicauan lainnya.



Burung siri-siri merupakan jenis burung dari keluarga besar cucak-cucakan atau Pycnonotidae. Dalam bahasa Inggrisnya disebut streaked bulbul (Ixos malaccensis). Burung ini memiliki kemiripan dengan burung cucak rawis atau sunda bulbul. Perbedaannya adalah burung siri-siri memiliki ukuran yang lebih besar dari cucak rawis. Selain itu,garis-garis bulu warna coklatnya hanya sebatas di bagian leher dan dadanya, sedangkan cucak rawis sampai ke bagian bawah tubuh hingga ke belakang.

Suara burung kedua tersebut hampir sama,tapi untuk suara burung siri-siri mempunyai nada yang cukup kasar. Suaranya monoton dan cocok buat masteran burung berkicau. Namun berdasarkan tampilan burung cucak siri-siri ini,speed atau kecepatan suara kicaunya tidak rapat,tidak seperti suara cucak jenggot maupun kapas tembak.

Bagi yang membutuhkan mp3 suara burung siri-siri ini bisa di dengarkan dibawah ini,

Suara burung siri-siri [ Download ] 

membedakan kelamin siri2 cukup mudah, pada siri-siri jantan jambul cenderung lebih tegak sedangkan pada betina jambul cenderung memendek/kurang tegak.

> perawatan burung siri-siri:


  Jam 07.00wib burung diangin-anginkan di depan teras rumah, Jam 07.30wib burung dimandikan atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing. 

   Membersihkan kandang harian, ganti atau tambahkan Voer atau extra fooding, Air Minum dan buah segar. 

   Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF. Jangan member jangkrik secara langsung pada burung.

   Penjemuran dapat dilakukan selama 2-3 jam,mulai pukul 08.00wib - 11.00wib. 

   Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis. Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong. 

  Jam 11.00wib - 15.00wib burung dapat dimasterkan. Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali di teras, dimandikan bila perlu diBerikan Jangkrik 1 ekor pada cepuk EF. 

   Jam 18.00wib burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara master selama masa istirahat sampai pagi harinya

Dengan cara perawatan burung  yang ada diatas maka insya ALLAH burung anda akan cepat gacor, yang penting teratur dan selalu sepenuh hati untuk merawat burung  ini. semoga info yang kami sampaikan diatas bisa menjadi bermanfaat buat anda semua..

jbbkicau

Jbbkicau adalah Sarana Media digital Website informasi seputar burung kicau wilayah Cirebon Brebes Tegal Pemalang dan sekitarnya.

Comments
1 Comments

1 comment: